Jumat, 14 Maret 2008

KEMBANG API DARI KANOPI HUTAN BORNEO





KEMBANG API DARI KANOPI HUTAN BORNEO

Ada lagi satu anggrek alam asli Borneo yang mekar di halaman rumahku kuntum bunganya kecil kecil namun berkelompok terangkai dalam satu tangkai sejumlah antara 20 – 50 kuntum pertangkainya, bentuknya sekilas seperti ekor kucing.

Warnanya meriah kelopak bunganya terdiri dari merah muda atau merah tua di hiasi dengan bintik kuning pada bagian tengah bunganya, dan seluruh rangkaian bunga yang keluar dari ujung umbi tuanya yang bisa mencapai 2 – 5 tangkai, jika di lihat dari bahwa saat berjalan melintas di bawah kanopi hutan Borneo yang hijau, membuatnya tampak laksana kembang api dari pedalaman Borneo yang bertaburan memberikan aksen warna yang cantik dalam hampatan dedaunan pohon hutan yang hijau, Anggrek ini memang aslinya tumbuh di ketinggian pepohonan, dan bunganya sebagaimana juga anggrek Dendrobium anosmum di rancang untuk dilihat dari bahwa, posisi mekarnya bunga selalu mengarah dan menghadap kebawah.

Dendrobium secundum adalah anggrek asli Borneo, secara umum terdapat 2 varietas Dendrobium secundum yang pernah di temukan : yaitu yang kelopak bunganya berwarna merah tua dan jenis lainnya yang kelopak bunganya berwarna merah muda.

Tidak ada wewangian yang kuat pada Dendrobium secundum ini, saat mekar maksimal memang ada sekilas wangi yang tidak begitu jelas, memang daya tarik bunga ini bukan pada bunganya, melainkan pada penampilannya yang berkelopok dan tersusun rapi dalam satu tangkai sepanjang 10 – 15 cm.

Sebagaimana umumnya Dendrobium, bunganya keluar dari umbi yang sudah tua dan tidak lagi berdaun, bisa mencapai 5 tangkai kumpulan bunga dalam satu umbi dan bisa juga hanya 1 – 3 tangkai kumpulan dalam satu umbinya, tergantung kesuburan dan usia tanamannya, pada Dendrobium secundum tangkai bunga umumnya keluar di ujung umbi.

Sosok tanamannya lebih kokoh dan berdaun lebih besar di bandingkan dengan Dendrobium anosmum, warna umbi sewaktu muda berwarna coklat kekuningan dengan daun yang berjajar kompak di kiri kananya dan berwarna hijau muda.

Jika dapat perawatan yang baik serta lingkungan tumbuh yang cocok, maka bunga yang bermekaran akan menghadirkan kembang api dari kanopi hutan Borneo yang indah untuk menghiasi halaman rumah kita.

Salam Hangat,

Andreas Acui Simanjaya
Email : andreasacui@yahoo.com

Tidak ada komentar: