Kamis, 20 September 2007

BUNGA RAKSASA YANG INDAH Amorphophalus sp












Ada tumbuhan yang menghasilkan bunga yang berukuran besar, bahkan sangat besar, salah satunya Amorphophalus sp adalah Bunga Raksasa atau juga yang di kenal dengan Bunga Bangkai

Bunga Raksasa ini adalah salah satu tumbuhan koleksi kebanggaan saya, ada beberapa jenis yang berhasil saya kumpulkan dari perjalanan keberbagai daerah, jika di alam tumbuhan ini termasuk langka dan sangat jarang di jumpai dalam keadaan berbunga, sehingga jika ada yang berbunga pasti menjadi berita yang heboh, di liput media cetak dan TV, saya sangat bersyukur karena beberapa jenis bunga raksasa di antara koleksi saya sudah rutin berbunga, bahkan pernah muncul beberapa bunga sekaligus. Pada saat yang bersamaan atau berurutan, bisa sampai 5 kuntum yang bermekaran.

Bunga raksasa koleksi saya pernah terukur berdiameter antara 25 – 35 Cm dan ketinggian 35 Cm tampil dengan warna merah hati pada kelopaknya yang disambut dengan warna kuning pada bagian dalam bunga, kemudian pada bagian puncak bunga berbentuk seperti jantung pisang dengan warna coklat kemerahan yang tua.

Ada jenis lain dari bunga raksasa yang bahkan tingginya bisa mencapai 3 meter dengan diameter mencapai lebih dari 50 Cm, salah satuunya seperti yang pernah di abadikan dalam uang kertas RI yang bernilai Rp. 500,-

Bunga Raksasa ini saya dapatkan dari Kalimantan Barat yaitu di kabupaten Ketapang, Sambas, Singkawang dan Landak. Di Jawa Barat di kabupaten Majalengka.

Sebenarnya bunga ini tidak setiap saat mengeluarkan bau yang menyengat, hanya pada saat kepala putiknya mencapai kondisi optimal untuk di buahi oleh tepung sari saja bunga ini akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat aromanya, seperti bau bangkai tikus di campur amisnya ikan, dengan kepekatan bau yang tinggi, umumnya bau menyengat mulai muncul sekitar jam 18.30 sampai jam 20.30 saja, setelah itu tidak ada bau sama sekali. tentunya jika di tengah hutan bau ini menimbulkan suasana mistis dan berbagai macam dugaan.

Bunga ini dapat bertahan selama 1 minggu lamanya, sebenarnya ini juga tergantung dengan sukses atau tidaknya terjadi penyerbukan, jika penyerbukan terjadi cepat maka bunga ini akan segera melakukan proses pelayuan diri.

Selain sebagai tumbuhan dengan ukuran bunga yang istimewa serta langkah, sebenarnya ada banyak kegunaan dari bagian tumbuhan ini yang bahkan bersifat komersial, nanti akan saya jelaskan dalam tulisan berikutnya.

Salam hangat,
Ir. Andreas Acui Simanjaya
andreasacui@yahoo.com

Tidak ada komentar: