Minggu, 16 September 2007

MENGAPA DISEBUT ANGGREK MERPATI ?












Mengenal Anggrek Dendrobium crumenatum

MENGAPA DISEBUT ANGGREK MERPATI ?

Banyak yang bertanya kepada saya mengapa anggrek ini disebut sebagai “Anggrek Merpati” memang anggrek warnanya bunganya di dominasi warna putih dengan sedikit warna kuning terang di lidahnya ini selalu berbunga dalam jumlah yang banyak dalam satu rumpunnya, namun bukan ini yang menyebabkan dia di sebut sebagai Anggrek Merpati.

Memang saat mekar bunga anggrek ini juga nampak seperti burung merpati putih yang sedang terbang, mungkin inilah yang menyebabkan julukan Anggrek Merpati melekat padanya.

Ada satu lagi keistimewaan Anggrek Merpati ini yaitu aroma bunganya yang wangi semerbak saat bunganya mekar, sayang hanya mekar untuk satu hari saja ....
Tapi tunggu dulu, coba keesokan harinya setelah bunga Anggrek Merpati ini layu kita dekati bunga ini, ternyata masih tercium aroma wanginya yang semerbak, ya wanginya tetap ada selama tiga hari ... namun juga bukan wangi semerbak yang bertahan hingga 3 hari yang menyebabkan anggrek dengan nama latin Dendrobium crumenatum ini di juluki anggrek merpati

Nah saat menikmati semerbak wangi bunganya yang telah kuncup kembali setelah seharian mekar, coba amati bagaimana bentuk bunga ini ?

Ya ! justru setelah selesai mekar satu harian dan saat kuncup keesokan harinya bentuk bunga Anggrek ini menjadi sesosok burung merpati ! karena bunganya banyak maka jadinya tampak seperti segerombolan Merpati putih !

Nah masih penasaran ? silahkan amati semua foto yang saya ambil untuk menambah pengetahuan kita semua ...

Salam hangat,

Ir. Andreas Acui Simanjaya
andreasacui@yahoo.com


Tidak ada komentar: